Sahabat Soleh

Tazkirah hari ini..
14 hb feb 2014

Dalam sebuah hadis Rasululah saw menjelaskan tentang peranan dan kesan seorang teman dalam sabda baginda saw :

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً ، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَة

“Perbandingan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang tukang besi .

Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau akan membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya.

Sedangkan tukang besi, mungkin (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak enak .” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Perintah Untuk Mencari Teman yang Baik dan Menjauhi Teman yang Buruk

Imam Muslim rahimahullah mencantumkan hadis di atas dalam Bab : Anjuran Untuk Berteman dengan Orang Solih dan Menjauhi Teman yang Buruk”.

Imam An Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa dalam hadis ini terdapat bandingan teman yang solih dengan seorang penjual minyak wangi dan teman yang jahat dengan seorang tukang besi.

Hadis ini juga menunjukkan keutamaan bergaul dengan teman solih dan orang baik yang memiliki akhlak yang mulia, sikap wara’, ilmu, dan adab.

Sekaligus juga ia mengandungi larangan berkawan dengan orang yang buruk akhlaknya, lebih-lebih lagi ahli bid’ah, dan golongan yang mempunyai sikap tercela yang lain” (Syarh Sohih Muslim 4/227)

Jom amalkan & sebarkan !

Comments

Popular posts from this blog

Antara Khasiat Daun Sireh

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah

Kumpulan Doa dan amalan mencari barang hilang